Merancang, Mendesain dan Mengelola Rumah Tinggal yang Nyaman

.

.

Breaking



Cara Membuat Taman Vertikal dengan Menggunakan Batu Bata

Dua hal yang perlu dipersiapkan sebelum kita membangun taman vertikal dari batu bata ini. Yang pertama adalah adanya gutter atau parit yang dibangun di bagian bawah taman vertikal. Gutter atau parit ini berguna untuk menampung air bekas penyiraman tanaman. Air bekas penyiraman ini sebaiknya terpisah dari istem pembuangan air biasa, karena biasanya mengandung pupuk atau bahkan pestisida. Selain untuk menyalurkan air bekas penyiraman tanaman, gutter ini juga berfungsisebagai dasar atau dudukkan batu bata untuk taman vertikal. Tepian gutter dibuat dengan sudut miring 45 derajat. Kemiringan inilah yang akan digunakan dalam penyusunan batu bata.

Hal kedua yang perlu dipersiapkan adalah, taman vertikal dari batu bata ini hanya bisa dibuat bila ada dinding penopang di belakangnya. Karena seluruh batu bata yang dipergunakan, akan direkatkan dengan semen ke dinidng penopang di belakang taman vertikal itu sendiri.
Sebelum mulai membuat taman vertikal ini, kita perlu menyiapkan benang, agar pemasangan batu batanya bisa rapi, baik secara vertikal maupun horisontal. Untuk keseragaman dan daya dukung yang baik, batu bata tersebut disusun dalam sudut 45 derajat.
Setelah kita merampungkan susunan batu bata untuk taman vertikalnya, kita bisa melengkapinya dengan sistem penyiraman tanaman, yang bisa kita buat dengan menggunakan pipa-pipa kecil.